MENGHIDUPKAN SEMANGAT MEMBACA MELALUI POJOK LITERASI KKN-T TIM 36 DUSUN JRAKAH

 


Jrakah, 3 Agustus 2025 - Mahasiswa KKN-T IDBU Universitas Diponegoro Tim 36 menghadirkan sebuah program sosial kemasyarakatan berjudul “Pojok Literasi” di Dusun Jrakah, Desa Kebondowo, Kecamatan Banyubiru. Program ini dirancang khusus untuk membantu anak-anak yang masih mengalami kesulitan dalam membaca, menulis, dan berhitung.


Latar belakang dari pendirian Pojok Literasi adalah ditemukannya anak-anak yang belum lancar calistung, padahal keterampilan dasar tersebut sangat penting sebagai bekal melanjutkan pendidikan. Melihat hal itu, para mahasiswa berinisiatif menyediakan sebuah sudut belajar sederhana berupa rak buku yang diisi dengan berbagai bahan bacaan.


Penyelenggaraan Pojok Literasi diawali pada tanggal 3 Agustus, namun untuk selanjutnya, anak-anak Dusun Jrakah telah menjadwalkan kapan saja akan mengunjungi Pojok Literasi. Pada saat penyelenggaraan Pojok Literasi, anak-anak Dusun Jrakah sangat antusias menyambut buku-buku dan langsung bergegas membaca buku-buku yang menurut mereka menarik. “Terima kasih kakak-kakak KKN sudah menyediakan tempat untuk kami belajar dan bermain, buku-buku yang diberikan sangat membantu kami, tipe buku yang diberikan cukup banyak, desain pojok literasinya juga nyaman, ada bantal dan karpet untuk kami duduk dan santai-santai.” Ujar Risa (14) salah satu anak Dusun Jrakah yang sering mengunjungi Serambi Masjid.


Penanggung jawab dari penyelenggaraan Pojok literasi yaitu, Shafa Arauf Nadia dari Prodi Informasi dan Humas selaku koordinator memastikan komunikasi antaranggota tetap berjalan baik. Dukungan administratif dijalankan oleh Miranda Dwi Anggreeni dari Prodi Teknologi Hasil Perikanan yang berperan sebagai sekretaris dengan tanggung jawab mencatat kebutuhan Pojok Literasi.  Dalam aspek keuangan, Priskilla Brenda Bacas dari Prodi Teknik Industri menjadi bendahara dengan tugas menyusun Rencana Anggaran Biaya (RAB). 


Sementara itu, pengadaan buku dikoordinasikan oleh Muhammad Wildan Azka dari Prodi Manajemen Sumber Daya Perairan bersama Wahda Khittotun Naghfiroh dari Prodi Perikanan. Selanjutnya Penataan ruang Pojok Literasi dilakukan oleh Ahmad Faishal Sani dari Prodi Teknik Industri bertanggung jawab sebagai PIC tata letak, memastikan rak dan area baca tertata dengan baik. Aspek kreativitas dipercayakan kepada Abinaya Octora Sitorus dari Prodi Teknik Industri dan Vera Afriliyanti dari Prodi Perikanan Tangkap yang mendesain dekorasi edukatif agar Pojok Literasi terlihat menarik dan penuh warna.


Untuk kegiatan harian anak-anak, Intan Jauharotus Syarifah dari Prodi Teknologi Pangan menjadi PIC yang mengagendakan aktivitas seperti membaca bersama, mewarnai, dan menggambar. Mengajak anak-anak agar aktif mengikuti kegiatan menjadi tugas Afifah Dyah Pritasari dari Prodi Administrasi Bisnis sebagai PIC promosi, sementara dokumentasi seluruh proses dijalankan oleh Naila Sekar Khadijah dari Prodi Teknologi Pangan.


Pojok Literasi di desain dengan tempat yang menyesuaikan berkumpulnya anak-anak, yaitu di Serambi Masjid. Kemudian Pojok Literasi menyediakan bantal-bantal duduk dengan tujuan anak-anak dapat membaca atau belajar dengan santai, selanjutnya terdapat karpet puzzle agar anak-anak tidak kedinginan saat membaca, tentunya tak lain juga untuk menambah kenyamanan. Buku bacaan juga disesuaikan dengan umur anak-anak yang ada di Dusun Jrakah, yaitu kisaran umur 3 tahun sampai dengan 18 tahun. Maka dari itu buku-buku yang disediakan di Pojok Literasi meliputi: buku mewarnai, buku menggambar, buku cerita anak, buku komik pengetahuan (why), buku menghitung, dan masih banyak lagi.


Kehadiran Pojok Literasi diharapkan dapat memberikan ruang belajar yang menyenangkan bagi anak-anak, kemudian setelah hadirnya Pojok Literasi Dusun Jrakah, anak-anak diharapkan dapat memanfaatkan ruang dengan sebaik-baiknya melalui buku-buku dan fasilitas lain yang telah diberikan. Kemudian untuk mahasiswa, setelah program Pojok Literasi terlaksana diharapkan dapat meningkatkan pembelajaran terkait pentingnya membaca untuk anak-anak sejak dini.


Comments

Popular posts from this blog

Mahasiswa Tim 36 KKNT IDBU Serahkan Peta Zona Pemanfaatan Rawa Pening untuk Dukung Pengelolaan Perairan Rawa Pening dan Peta Infografis Dusun Kebonsari, Desa Kebondowo

Memajukan UMKM Dusun Kebonsari Desa Kebondowo dengan Sosialisasi E-Commerce dan Pembuatan NIB Bersama Tim KKN 36

Belajar Mandiri Pangan Sejak Kecil dengan Budikdamber